Laporan Chassis 0tomotif



Laporan Chassis 0tomotif 
diajukan untuk memenuhi nilai matakuliah chassis otomotif 
Diampu :
Diana Ratnawati,.M.pd


 Di susun :
Ade Ramadhani
2014006017

PROGRAM STUDY PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA





Kata pengantar
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada tuhan YME, dengan rahmat dan hidayahnya hari ini masih diberikan kesempatan kesehatan jasmani dan rohani, sehingga dapat mengumpulkan laporan praktek mata kuliah chassis otomotif dengan bahan praktek diferensil atau garden.
Tujuan laporan ini ialah untuk memenuhi nilai mata kuliah chassis otomotif, dengan itu penyusun berharap agar dimaklumi apabila ada kesalaan ataupun kekurangan dari laporan ini, penyusun berharap apabila ada keritik atau saran, untuk membangun lebih baik lagi dan mengevaluasi dari kesalahan











Yogyakarta, 26 september 2016

penulis
A.    Pembahasan
Diferential adalah Differential  atau sering dikenal dengan nama garden adalah komponen pada kendaraan rodaempat atau lebih yang  berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda .
Sekedar untuk mengingatkan, bahwa putaran rodasemuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun .Lalu  gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol . Gerak putar  poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar rodagila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke propeller lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as rodadan as roda akan memutar roda, sehinggakendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.
1.      Fungsi differential adalah
a.       Menghantarkandanmembagitenagadari transmission ke final drive kiridankanan.
b.      Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine ber­belok.
c.       Membagi torsi dari transmission samabesarke final drive kiridan final drive kanan.
2.      Jenis-jenis differential yang digunakan antara lain
a.       Standard Differential.
b.      No-SPIN Differential, digunakanpada wheelØ loader (optional), integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor, soil compactor, landfill compactor dan backhoe loader danmerupakanpenggantistandard differential.
c.       Limited, Slip Differential, digunakanpada wheel loader menengah(optional), beberapa wheel loader besardan articulated truck danmerupakanpengganti standard differential.
d.      Differential, Lock, biasanyadigunakanpada motor grader.

B.     Uraian data praktikum

no
Nama komponen
Kondisi komponen
1
Side gear
Side gear di-spline ke sun gear shaft. Pinion gear akan meng­gerakkan side gear sehingga sun gear shaft akan berputar.
Kondisi: Masih Bagus
2
Pinion gear
Pinion gear atau spider gear bergerak berrotasi dan berrevolusi mengikuti putaran spider shaft dan memindahkan tenaga dari differential case ke side gear dan kemudian ke sun shaft. Pinion gear akan berputar berrotasi (berputar pada sumbunya) hanya pada saat berbelok atau slip, sehingga putaran roda kiri dan kanan akan berbeda
Kondisi: Bagus
3
Side shaft
Spider shaft digerakkan oleh differential case dan berfungsi sebagai tempat dudukan pinion gear
Kondisi: Masih Bagus
4
Bevel gear
Bevel gear berfungsi sebagai carrier pada diferensial group
Kondisi: Masih Bagus
5
Bevel gear shaft
Bevel gear shaft / drive pinion berfungsi untuk meneruskan gaya putar dari propeller shaft menuju ke bevel gear.
Kondisi: Masih Bagus
6
Differential case assembly
Differential case assembly berfungsi sebagai  tempat untuk melindungi komponen-komponen dari differential group dan sebagai carrier. Bevel ring gear di baut dengan case assembly. Case assembly akan memutarkan spider shaft dan pinion gear yang bersilangan dengan side gear untuk memutar­kan final drive sun shaft.
Kondisi: Masih Bagus
7
Axel housing
Axel housing berfungsi sebagai rumah atau tempat untuk melindungi komponen dari differential group dan differential gear set.
Kondisi: Masih Bagus


C.     Lampiran praktek

1.      Side gear

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQt5naYMkXPC20f1-2QRXvJqGedAfr5imo1xzYFBwFQQr6e0ZWS
2.      Pinion gear

Image result for raktek pinion gear differential mobil

3.      Side shaft
4.      Bevel ring gear

5.      Drive pinion atau bevel gear shaft
6.      Diferential case assembly
7.      Axel housing
Image result for axle housing differential mobil
D.    Uraian Pemeriksaan Diferential
1.      Pemeriksaan kondisi bantalan.
o   Bantalan masih bagus, di goyangkan ke atas, samping kanan, kiri dan bawah goyangannya tidak terlalu banyak, ada toleransi tetapi itu tidak menjadi masalah, aslkan kelurusanya seperti fungsinya.
2.      Pemeriksaan runout companion flange
o   Run out companion flange kondisi bagus, ketelitian antara 1.16 in. jadi tidak perlu diganti dengan yang baru.
3.      Pemeriksaan back lash
o   Ukur backlash roda gigi samping sambil menahan salah satu roda gigi pinion terhadap bak differential, Backlash standard: 0,05-0,20mm.
o   Bila backlash diluar nilai spesifikasi, Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,08mm
o   Backlash masih bagus.
4.      Pemeriksaan keolengan
o   Keolengan maksimum : 0,08mm
o   Bila keolengan lebih besar dari nilai maksimum, gantilah roda gigi ring, Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,06mm.
o   Keolengan terlalu besar, maka harus dig anti
o   Tidak bagus
5.      Pemeriksaan kontak gigi baik
o   Pada kontak gigi baik, tidak ada kcacatan, sehingga tidak perlu diganti dengan yang baru
6.      Pemeriksaan backlash side gear
o   Backlash STD : 0,05 – 0,20 mm.
o   Hasil Pengukuran :0,20 .mm.
o   Jadi tidak perlu diganti
7.      Pemeriksaan pre load
o   Pre load 8-11 kg-cm ( 7-10 in-lb, 0.8-1,1 N.m ).
o   Harus dig anti dengan yang baru, jadi keadaaan pre load tidak baik.

Comments

Popular posts from this blog

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA BENGKEL MOTOR SERVICE & RACING

Laporan Praktek Pengecatan

SOAL UJIAN SEKOLAH SMK MARSUDI LUHUR 1 YOGYAKARTA