Laporan Chassis 0tomotif
Laporan Chassis 0tomotif
diajukan untuk memenuhi nilai matakuliah chassis otomotif
Diampu :
Diana Ratnawati,.M.pd
Di susun :
Ade Ramadhani
2014006017
PROGRAM STUDY PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
Kata pengantar
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada
tuhan YME, dengan rahmat dan hidayahnya hari ini masih diberikan kesempatan
kesehatan jasmani dan rohani, sehingga dapat mengumpulkan laporan praktek mata
kuliah chassis otomotif dengan bahan praktek diferensil atau garden.
Tujuan laporan ini ialah untuk memenuhi nilai
mata kuliah chassis otomotif, dengan itu penyusun berharap agar dimaklumi
apabila ada kesalaan ataupun kekurangan dari laporan ini, penyusun berharap
apabila ada keritik atau saran, untuk membangun lebih baik lagi dan mengevaluasi
dari kesalahan
Yogyakarta, 26 september 2016
penulis
A.
Pembahasan
Diferential adalah Differential atau sering dikenal dengan nama garden adalah
komponen pada kendaraan rodaempat atau lebih yang berfungsi untuk
meneruskan tenaga mesin ke poros roda .
Sekedar
untuk mengingatkan, bahwa putaran rodasemuanya berasal dari proses pembakaran
yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan
menggerakkan piston untuk bergerak naik turun .Lalu gerak naik turun
piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol . Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk
memutar rodagila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar
kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke propeller lalu ke gardan.
Gardan akan meneruskan putaran ini ke as rodadan as roda akan memutar roda,
sehinggakendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan
perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan
atau mobil dapat berjalan.
1. Fungsi differential adalah
a.
Menghantarkandanmembagitenagadari transmission ke final
drive kiridankanan.
b.
Membedakan putaran roda kiri dan kanan
saat machine berbelok.
c.
Membagi torsi
dari transmission samabesarke final drive kiridan final
drive kanan.
2. Jenis-jenis differential yang
digunakan antara lain
a.
Standard Differential.
b.
No-SPIN Differential, digunakanpada wheelØ loader (optional),
integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor, soil compactor,
landfill compactor dan backhoe
loader danmerupakanpenggantistandard differential.
c.
Limited, Slip
Differential, digunakanpada wheel
loader menengah(optional), beberapa wheel
loader besardan articulated
truck danmerupakanpengganti standard differential.
d.
Differential,
Lock, biasanyadigunakanpada motor grader.
B. Uraian
data praktikum
no
|
Nama
komponen
|
Kondisi
komponen
|
1
|
Side
gear
|
Side gear di-spline ke sun gear shaft. Pinion gear akan menggerakkan side gear sehingga sun gear shaft akan berputar.
Kondisi: Masih Bagus
|
2
|
Pinion
gear
|
Pinion gear atau
spider gear bergerak
berrotasi dan berrevolusi mengikuti putaran spider shaft dan memindahkan tenaga dari differential case ke side gear dan kemudian ke sun shaft. Pinion gear akan
berputar berrotasi (berputar pada sumbunya) hanya pada saat berbelok atau slip, sehingga putaran roda kiri dan kanan akan berbeda
Kondisi: Bagus
|
3
|
Side
shaft
|
Spider shaft digerakkan
oleh differential case dan
berfungsi sebagai tempat dudukan pinion
gear
Kondisi: Masih Bagus
|
4
|
Bevel
gear
|
Bevel
gear berfungsi sebagai carrier pada diferensial group
Kondisi:
Masih Bagus
|
5
|
Bevel
gear shaft
|
Bevel
gear shaft / drive pinion berfungsi untuk meneruskan gaya putar dari propeller shaft
menuju ke bevel gear.
Kondisi:
Masih Bagus
|
6
|
Differential case assembly
|
Differential case assembly berfungsi
sebagai tempat untuk melindungi
komponen-komponen dari differential
group dan sebagai carrier. Bevel ring gear di baut dengan case
assembly. Case assembly akan memutarkan spider shaft dan pinion
gear yang bersilangan dengan side
gear untuk memutarkan final
drive sun shaft.
Kondisi: Masih Bagus
|
7
|
Axel housing
|
Axel
housing berfungsi sebagai rumah atau tempat untuk melindungi komponen dari
differential group dan differential gear set.
Kondisi:
Masih Bagus
|
C.
Lampiran
praktek
1.
Side
gear
2.
Pinion
gear
3.
Side
shaft
4.
Bevel ring
gear
5.
Drive
pinion atau bevel gear shaft
6.
Diferential
case assembly
7.
Axel
housing
D. Uraian Pemeriksaan Diferential
1.
Pemeriksaan
kondisi bantalan.
o Bantalan masih bagus, di goyangkan ke atas,
samping kanan, kiri dan bawah goyangannya tidak terlalu banyak, ada toleransi
tetapi itu tidak menjadi masalah, aslkan kelurusanya seperti fungsinya.
2.
Pemeriksaan
runout companion flange
o Run out companion flange kondisi bagus,
ketelitian antara 1.16 in. jadi tidak perlu diganti dengan yang baru.
3.
Pemeriksaan
back lash
o Ukur
backlash roda gigi samping sambil menahan salah satu roda gigi pinion terhadap
bak differential, Backlash standard: 0,05-0,20mm.
o Bila backlash diluar nilai spesifikasi, Hasil
pemeriksaan dan pengukuran : 0,08mm
o Backlash masih bagus.
4.
Pemeriksaan
keolengan
o Keolengan
maksimum : 0,08mm
o Bila
keolengan lebih besar dari nilai maksimum, gantilah roda gigi ring, Hasil
pemeriksaan dan pengukuran : 0,06mm.
o Keolengan
terlalu besar, maka harus dig anti
o Tidak
bagus
5.
Pemeriksaan kontak gigi baik
o Pada
kontak gigi baik, tidak ada kcacatan, sehingga tidak perlu diganti dengan yang
baru
6.
Pemeriksaan backlash side gear
o Backlash STD : 0,05 – 0,20 mm.
o Hasil Pengukuran :0,20 .mm.
o Jadi tidak perlu diganti
7.
Pemeriksaan pre load
o Pre
load 8-11 kg-cm ( 7-10 in-lb, 0.8-1,1 N.m ).
o Harus
dig anti dengan yang baru, jadi keadaaan pre load tidak baik.
Comments
Post a Comment
Tulis pesan anda