PROPOSAL PENDIRIAN USAHA BENGKEL MOTOR SERVICE & RACING
PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BENGKEL MOTOR
SERVICE & RACING
Dosen pengampu :
Drs. Pairun Roniwijaya, Mpd.
Disusun :
Ade ramdani
2014006017
PROGRAM PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIATA TAMANSISWA
2015-2016
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Makin hari penambahan populasi
kendaraan bermotor makin meningkat. Dilihat dari data.
pangandaran.
“Penjualan
sepeda motor pada November 2015 tercatat mencapai 653.842 unit atau meningkat
19,7% dibanding periode yang sama tahun lalu. Data Asosiasi Sepeda Motor
Indonesia (AISI) menyebutkan, volume penjualan dipimpin dipimpin oleh
merek-merek otomotif ternama seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.
Peningkatan
penjualan sepeda motor pada November 2010 ini menunjukkan indikasi daya beli
masyarakat Indonesia dan masyarakat di Asia Tenggara pada umumnya semakin
membaik.
Hasil
penjualan sepeda motor sepanjang tahun ini melampaui perkiraan PT Astra
International, sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia yang sempat
disebutkan Juni 2010 lalu.
Walaupun
begitu, laju pertumbuhan penjualan motor pada semester kedua ini, tak sekencang
pada semester pertama yang mencapai peningkatan 41% dibanding periode penjualan
sepeda motor pada tahun sebelumnya”. Peraturan pemerintah yang tidak akan
membatasi subsidi BBM terhadap kendaraan roda dua diperkirakan akan membuat
pertumbuhan pembelian sepeda motor akan terus naik tahun depan
Sumber:http://industri.kontan.co.id/v2/read/industri/54624/Penjualan/motor-pada-November-2010-naik-197.
Bahkan hampir setiap orang
punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan
menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan
baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan
service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak,
untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang
harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha
bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin
banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor
pertahun. Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus
dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah pigir kota yang notabennya
adalah pemukiman penduduk.
2. Visi, Misi Dan Tujuan
Sebagai salah satu bengkel mobil yang menekankan segi
kualitas dgn motto utama perusahaan, Bengkel A’RAMA MOTORS
berkomitmen untuk memberikan layanan & solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen
itu tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel otomotif
terbaik di Yogyakarta.
a.
Visi
Untuk menjadi bengkel mobil terbaik di Yogyakarta
yang mengutamakan pada kepuasan pelanggan didukung dgn
peralatan canggih dan tenaga ahli yang berkompeten dalam memberikan pelayanan
jasa Bengkel kepada pelanggan, mitra usaha,
pegawai, pemegang saham dan masyarakat.
b.
Misi
1. Membangun Bengkel yang sehat dan
terpecaya dengan :
2. Memberikan jasa bengkel yang unggul berdasarkan nilai
- nilai kejujuran, keadilan dan kehati - hatian.
3. Memberikan layanan mobil sehat yang
cepat dan berkualitas.
4. Memberikan solusi tepat & cepat mulai dari saat pelanggan ingin
memperbaiki mobil, proses menunggu s/d mobil selesai diperbaiki
5. Memenuhi ketentuan dan peraturan yang
terkait dengan bisnis Bengkel.
6. Membangun hubungan saling
menguntungkan dengan mitra bisnis.
7. Menciptakan interaksi kerja yang
saling mendukung & lingkungan kerja yang kondusif.
8. Menjamin kesejahteraan pegawai.
9. Memastikan nilai premium bagi pemegang
saham dgn pengelolaan modal dan Jasa Bengkel secara efisien dan menguntungkan.
10. Meningkatkan hubungan komunitas
melalui program tangung jawab sosial.
c.
Tujuan
Bengkel A’RAMA MOTORS
didirikan dengan tujuan untuk melakukan usaha di bidang Jasa, yang
mengedepankan dari mutu SDM itu sendiri.
d.
Kepengurusan
1. Owner/ pemilik usaha : memberikan
pendanaan dan mengontrol aktivitas manajemen
2. Manajer :
bertanggung jawab atas jalannya operasional
3. Kepala
mekanik : penanggung
jawab dan pengawas atas kinerja mekanik, asisten mekanik dan pegawai cuci
4. Part :
bertanggung jawab pada keluar masuk suku cadang di gudang
5. Front
desk :
membuat laporan kerja dari pelanggan
6. Marketing :
bertanggung jawab memasarkan produk berupa jasa atau barang.
7. Kasir :
bertanggung jawab keada setiap transaksi penjualan
8. Mekanik :
Bertugas menangani perbaikan motor
9. Asisten
mekanik : membantu tugas
mekanik
10. Pegawai
cuci :
bertugas mencuci moto
e.
Identitas Bengkel.
Merk : bengkel A’RAMA MOTORS
Nama :CV. A’RAMA MOTORS
Alamat : jl. Batikan no. 24 kel. Tahunan
kec. Umbulharjo kota yogjakarta provinsi d.i Yogyakarta.
Berdiri : 30 november 2015
d. Tenaga kerja
Berikut data-data tenaga
kerja yang kami buat.
No
|
Nama
|
Jml
|
Jam Kerja
|
Job Deskription
|
1
|
Ade
rama
|
1
|
Senin-minggu 07.30-14.30 kecuali jumat libur
|
Pemilik
usaha /owner
|
2
|
Yen
sui
|
1
|
Manager
|
|
3
|
Aziz
a
|
1
|
Kepala
mekanik
|
|
4
|
-Yen
sang
-Ai
shen
|
2
|
parts
|
|
5
|
Erik
a
|
1
|
Front
desk
|
|
6
|
Ika
|
1
|
Kasir
|
|
7
|
Rely,Afif,
|
2
|
Mekanik
|
|
8
|
Raka,
Uci.
|
2
|
Asisten
mekanik
|
|
9
|
Eliza
|
1
|
Pegawai
cuci
|
|
10
|
Ervin,
Juned
|
2
|
Marketing
|
|
Total
|
14 Orang
|
10
job deskription
|
BAB II
MARKETING
1.
Target Pasar
Banyak sekali segment pasar untuk
bidang otomtif motor ini mulai dari
a.
Pelajar
Dari segment ini yang suka
memodifikasi motor kami amat siap dikarenakan modal pengetahuan utama para
mekanik kami adalah memodifikasi motor.
b. Pekerja Kantoran
Mereka kerja di tengah kota
pada segment ini kondisi motor sangat diperhatikan sama mereka ntah mereka akan
membuat lebih irit ada juga yang lebih mementingkan tenaga motornya.
c. Wirausaha dekat posisi bengkel
Segment ini hampir memiliki
sifat yang sama dengan yang pekerja di tengah kota.
d. komunitas
motor
Banyaknya kumpulan motor dapat
dimanfaatkan dengan baik apabila memberi kesan yang baik kesalah satu anggota
kelompok mereka,karena mereka memiliki sifat promosi dari mulut ke mulut dengan
baik.
e.
Tukang Ojek
Dari setiap sudut jalan banyak
sekali para penunggu customer dengan motornya dikarenakan mereka juga bekerja
dengan mengandalkan kendaraannya dan dalam hal ini kami memberlakukan
kebijaksanaan khusus bagi tukang ojek .
f. dealer
jual beli motor bekas
Banyak sekali motor yang bekas
mereka kumpulkan ada beberapa dari mereka yang memiliki mekanik sendiri ada
pula yang belum nah yang belum kami akan memberlakukan kebijakan khusus sama
seperti tukang ojek klo yang sudah pun kami akan menawarkan kerja sama yang
menarik (hal ini akan dibahas pada bab promosi).
2.
Jenis Usaha
Seperti yang sudah ada jenis
usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotifdi bidang kendaraan bermotor
roda dua.Seperti:
a.
Service
rutin kendaraan bermotor roda dua.
b.
Service
Besar kendaraan bermotor roda dua.
c.
Modifikasi
mesin,body dan chassis.
d.
Painting
e.
Pengajaran
(bisa termasuk dalam hal promosi)
f.
Spare
part moving part dan Modifikasi
g.
Penitipan
Barang dagangan seperti motor bekas.
Namun disaat ini kami akan
memusatkan perhatian kami pada service harian,besar dan modifikasi. Hal yang
lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring
jalannya waktu dan kondisi modal kami.
3.
Modal
Setelah saya estimasi maka kami
memerlukan modal sebanyak
a.
Sewa Tempat Rp.15.000.000/ Tahun
Ukuran 5x9m
b.
Keperluan Bengkel Rp.17.000.000
Mencakupi
kebutuhan sebagai berikut:
Ø Spare part (ASET) Rp.10.000.000
Banyak macam spare part,namun
kammi akan menyeto spare part yang sering orang gunakan(fast moving
part)seperti oli,busi,gear set,kabel gas,bohlam,kampas rem,kampas kopling dan
lain-lain.Namun banyak kemudahan akan bisnis spare part sepert dari sales yang
menitipkan.
Ø Tools (ASET)
TOOLS
|
HARGA
|
|
1
|
gerinda duduk 6" merk NGL
|
405.000
|
2
|
kompresor angin bensin atau listrik minimal
1/2 PK merk multi pro 3/4 HP
|
775.000
|
3
|
mesin bor tangan merk bosch GBM 350
|
380.000
|
4
|
gerinda tangan merk bosch GMT 4''
|
360.000
|
5
|
air gun(penyemprot angin kompresor)
|
50.000
|
6
|
tyre gun(penyemprot angin ke ban)
|
100.000
|
7
|
selang angin kompresor 10 meter
|
100.000
|
8
|
spray gun(untuk mengecat menggunakan)
|
200.000
|
9
|
mata gerinda duduk halus
|
107.000
|
10
|
fueller/heller
|
28.000
|
11
|
gergaji besi/mata gergaji
|
35.000
|
12
|
obeng plus satu set(besar,sedang,kecil)
|
50.000
|
13
|
obeng minus satu set(besar,sedang,kecil)
|
50.000
|
14
|
obeng panjang plus dan minus
|
50.000
|
15
|
obeng getok satu set
|
150.000
|
16
|
meja kerja buat ssendiri
|
500.000
|
17
|
Kikir
|
20.000
|
18
|
obeng elektro plus dan minus
|
20.000
|
19
|
kunci ring pas ukuran(6 - 24 mm)
|
200.000
|
20
|
kunci shock dan mata shock
|
300.000
|
21
|
kunci L
|
50.000
|
22
|
kunci L bintang
|
65.000
|
23
|
kunci T shock(8,10,12,14,17,19 mm)
|
100.000
|
24
|
kunci inggris 10''
|
40.000
|
25
|
kunci busi motor bebek
|
20.000
|
26
|
kunci busi GL
|
20.000
|
27
|
kunci busi 2 tak
|
20.000
|
28
|
tang potong
|
20.000
|
29
|
tang kombinasi
|
25.000
|
30
|
tang snapring inner
|
32.500
|
31
|
tang snapring outter
|
32.500
|
32
|
tang buaya 10''
|
35.200
|
33
|
Palu
|
35.000
|
34
|
palu karet
|
30.000
|
35
|
oil can
|
10.000
|
36
|
ragum/tangem
|
300.000
|
37
|
Multitester
|
100.000
|
38
|
jangka sorong
|
200.000
|
39
|
soldier listrik
|
50.000
|
TOTAL HARGA
|
Rp.5.065.200
|
|
*Harga
ini dapat bervariasi sesuai kepandaian kita dalam menawar dan mengerti akan
kualitas alat.
Ø Alat-alat administrasi Rp. 500.000
Buat buku besar,Nota
bengkel,stempel,Kwitansi,kertas,bulpen,meja,bangku.
Ø Promosi Rp. 500.000
Kupon,Neon Box,brosur,Banner
c.
Membangun Bengkel(Aset) Rp.5.000.000
Display Tempat Usaha dan Ruang
Tunggu Ideal
Total
modal yang dibutuhkan : Rp.37.000.000
PERKIRAAN PENGELUARAN
a.
Listrik Rp. 200.000
b.
Karyawan Rp. 900.000
c.
Penyusutan Rp. 50.000
d.
Tempat Rp.1.250.000
e.
Keperluan
Bengkel Rp. 300.000 seperti Oli Grease, Bensin, kain Lap, Amplas, caburator
cleaner\
f.
Promosi
Bengkel Rp. 200.000 seperti Brosur,Kupon dan Keperluan lainya
g.
Biaya
dadakan atau iuran Rp.200.000
Total Rp. 3.100.000
PERKIRAAN
PEMASUKAN
Dalam hal pemasukan selain kita
mengandalkan service rutin,motor modifikasi,penjualan spare part kita pun
berinovasi dengan mengadakan system EDUCATION dan mengembangkan inovasi lain
sesuai kebutuhan pasar.
a.
JASA jmlh motor/hari income TOTAL/bulan
Service 2 Rp.25.000/motor Rp.1.500.000
Korekan racing 1 Rp.37.500/motor Rp.1.125.000
Total Rp.2.625.000
b.
SPARE PART
Moving part 10% dari modal
Rp.5.000.000 Rp. 500.000
Racing 50% dari modal
Rp.3.000.000 Rp.1.500.000
Total Rp.1.750.000
c.
EDUCATION
Teknik Promosi Media Pengajaran
HARGA TARGET ANAK TOTAL/BULAN
a.
STEP
1 Rp.10.000 5 Rp. 200.000
b.
Step
2 Rp.20.000 5 Rp. 400.000
c.
Step
3 Rp.30.000 5 Rp. 600.000
d.
Step
4 Rp.40.000 5 Rp. 800.000
e.
Step
5 Rp.50.000 5 Rp.1.000.000
TOTAL Rp.3.000.000
Perkiraan Dipotong Dana foto
copy dan Izin Sekolah 33,4% Rp.1.000.000
PEMASUKAN DARI SYSTEM
EDUCATION Rp.2.000.000
Pengeluaran
|
BULAN
ke-1
|
BULAN
ke-2
|
||||||||||||
Gaji
Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
||||||||||||
Sewa
Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
||||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
||||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
||||||||||||
Biaya
Operasional
|
700.000
|
700.000
|
||||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
||||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga
Jasa
|
unit/hari
|
Harga
Jasa
|
||||||||||
service
Rutin
|
2
|
20.000
|
1.200.000
|
3
|
20.000
|
1.800.000
|
||||||||
Korekan
Motor Racing
|
1
|
30.000
|
900.000
|
1
|
30.000
|
900.000
|
||||||||
Spare
Part
|
modal
Spare Part
|
|||||||||||||
Moving
part
|
3%
|
5.000.000
|
150.000
|
|||||||||||
Racing
|
1%
|
5.000.000
|
50.000
|
|||||||||||
Dan
Lain-Lain
|
||||||||||||||
Total
|
2.100.000
|
2.900.000
|
||||||||||||
LABA BERSIH
|
-1.000.000
|
-200.000
|
||||||||||||
Pengeluaran
|
BULAN
ke-3
|
BULAN
ke-4
|
||||||||||||
Gaji
Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
||||||||||||
Sewa
Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
||||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
||||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
||||||||||||
Biaya
Operasional
|
700.000
|
700.000
|
||||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
||||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga
Jasa
|
unit/hari
|
Harga
Jasa
|
||||||||||
service
Rutin
|
3
|
20.000
|
1.800.000
|
4
|
25.000
|
3.000.000
|
||||||||
Korekan
Motor Racing
|
2
|
30.000
|
1.800.000
|
3
|
35.000
|
3.150.000
|
||||||||
Spare
Part
|
||||||||||||||
Moving
part
|
4%
|
5.000.000
|
200.000
|
5%
|
5.000.000
|
250.000
|
||||||||
Racing
|
2%
|
5.000.000
|
100.000
|
3%
|
5.000.000
|
150.000
|
||||||||
Dan
Lain-Lain
|
Education
|
1500.000
|
||||||||||||
Total
|
3.900.000
|
8.050.000
|
||||||||||||
LABA BERSIH
|
800.000
|
4.950.000
|
||||||||||||
Pengeluaran
|
BULAN ke-5
|
BULAN ke-6
|
|||||||||||
Gaji Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
|||||||||||
Sewa Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
|||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
|||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
|||||||||||
Biaya Operasional
|
700.000
|
700.000
|
|||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
|||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
|||||||||
service Rutin
|
4
|
25.000
|
3.000.000
|
4
|
25.000
|
3.000.000
|
|||||||
Korekan Motor Racing
|
3
|
35.000
|
3.150.000
|
3
|
35.000
|
3.150.000
|
|||||||
Spare Part
|
|||||||||||||
Moving part
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
|||||||
Racing
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
20%
|
5.000.000
|
1.000.000
|
|||||||
Dan Lain-Lain
|
Education
|
1.000.000
|
Education
|
1.000.000
|
|||||||||
Total
|
8.150.000
|
8.650.000
|
|||||||||||
LABA BERSIH
|
5.050.000
|
5.550.000
|
|||||||||||
Pengeluaran
|
BULAN ke-7
|
BULAN ke-8
|
|||||||||||
Gaji Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
|||||||||||
Sewa Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
|||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
|||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
|||||||||||
Biaya Operasional
|
700.000
|
700.000
|
|||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
|||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
|||||||||
service Rutin
|
5
|
25.000
|
3.750.000
|
5
|
25.000
|
3.750.000
|
|||||||
Korekan Motor Racing
|
4
|
35.000
|
4.200.000
|
4
|
35.000
|
4.200.000
|
|||||||
Spare Part
|
|||||||||||||
Moving part
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
|||||||
Racing
|
40%
|
5.000.000
|
2.000.000
|
50%
|
5.000.000
|
2.500.000
|
|||||||
Dan Lain-Lain
|
Education
|
1.500.000
|
|||||||||||
Total
|
10.450.000
|
12.450.000
|
|||||||||||
LABA BERSIH
|
7.350.000
|
9.350.000
|
|||||||||||
Pengeluaran
|
BULAN ke-9
|
BULAN ke-10
|
|||||||||||
Gaji Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
|||||||||||
Sewa Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
|||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
|||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
|||||||||||
Biaya Operasional
|
700.000
|
700.000
|
|||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
|||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
|||||||||
service Rutin
|
4
|
25000
|
3.000.000
|
4
|
25.000
|
3.000.000
|
|||||||
Korekan Motor Racing
|
4
|
35000
|
4.200.000
|
4
|
35.000
|
4.200.000
|
|||||||
Spare Part
|
|||||||||||||
Moving part
|
10%
|
5000000
|
500.000
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
|||||||
Racing
|
50%
|
5000000
|
2.500.000
|
50%
|
5.000.000
|
2.500.000
|
|||||||
Dan Lain-Lain
|
Education
|
1.000.000
|
Education
|
2.000.000
|
|||||||||
Total
|
11.200.000
|
12.200.000
|
|||||||||||
LABA BERSIH
|
8.100.000
|
9.100.000
|
|||||||||||
Pengeluaran
|
BULAN ke-11
|
BULAN ke-12
|
|||||||||||
Gaji Karyawan
|
900.000
|
900.000
|
|||||||||||
Sewa Tempat
|
1.250.000
|
1.250.000
|
|||||||||||
Listrik
|
200.000
|
200.000
|
|||||||||||
Penyusutan
|
50.000
|
50.000
|
|||||||||||
Biaya Operasional
|
700.000
|
700.000
|
|||||||||||
Total
|
3.100.000
|
3.100.000
|
|||||||||||
Pemasukan
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
unit/hari
|
Harga Jasa
|
|||||||||
service Rutin
|
2
|
25.000
|
1.500.000
|
2
|
25.000
|
1.500.000
|
|||||||
Korekan Motor Racing
|
3
|
35.000
|
3.150.000
|
3
|
35.000
|
3.150.000
|
|||||||
Spare Part
|
|||||||||||||
Moving part
|
8%
|
5.000.000
|
400.000
|
10%
|
5.000.000
|
500.000
|
|||||||
Racing
|
70%
|
5.000.000
|
3500.000
|
70%
|
5.000.000
|
3.500.000
|
|||||||
Dan Lain-Lain
|
Education
|
||||||||||||
Total
|
8.550.000
|
8.650.000
|
|||||||||||
LABA BERSIH
|
5.450.000
|
5.550.000
|
|||||||||||
TOTAL
LABA BERSIH dalam 1 tahun Rp.60.050.000
Pembukuan ini adalah perkiraan
kami yang sudah disurvey dilapangan. Diatas mungkin anda akan bertanya-tanya
mengapa ada pemasukan lain selain Jasa dan Spare Part yaitu pemasukan dari Education.Hal tersebut akan kita
jelaskan pada Bab Promosi.
4.
Promosi
Dikarenakan kami memiliki
kemampuan untuk memodifikasi motor maka kami akan mengejar salah satu target
pasar target segment anak sekolah sebagai alat promosi bengkel maka diadakan
teknik promosi EDUCATION,selain itu ada beberapa segment pasar umum seperti
Jual-Beli motor bekas,para pekerja yang tinggal dipemukiman penduduk paling
cocok diterapkan sistem KUPON.
a.
Teknik Education
Ilmu otomotif khususnya
modifikasi racing amat sangat diminati oleh sebagian besar kawula muda.Dalam
hal ini kita akan berbagi ilmu dengan mereka,meskipun diluar banyak Les yang
mengajari ilmu Racing namun dapat dihitung oleh jari dan mahal. Kita akan
membantu mereka untuk mempermudah pengetahuan informasi akan ilmu modifikasi
dan terjangkau. Hal ini kita lakukan diluar jam kerja untuk mendapatkan target
tersebut
Harga pelatihan
Ø Session 1 Rp.10.000/anak
Ø Session 2 Rp.20.000/anak
Ø Session 3 Rp.30.000/anak
Ø Session 4 Rp.40.000/anak
Ø Session 5 Rp.50.000/anak
Tujuan dari teknik ini adalah
menciptakan generasi muda yang mengembangkan hobbynya menjadi usaha dan dari
pihak kita akan mendapatkan relasi untuk menyebarkan nama bengkel,penjualan
tiket,dan kandidat mekanik baru.
b.
Teknik Kupon
Sering kita dengar bahwa ada
teknik promosi dari mulut ke mulut. Kita akan mendekatkan seseorang yang
dianggap memiliki potensi sebagai marketing seperti teman,komunitas
motor,tukang ojek dan dealer motor bekas untuk kita kasih kupon. Kupon tersebut
apabila disebar oleh mereka maka mereka mendapatkan komisi dari kita
berdasarkan kupon yang balik kekita,karena pada tulisan kupon tersebut adalah
“Service dapat kejutan dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan
menyebarkan kupon tersebut.
5.
Keunggulan Kami
Banyak bengkel jalan yang
menyediakan layanan jasanya akan perbaikan motor membuat persaingan semakin
ketat,namun dibengkel kami layanan jasa yang sangat diutamakan,selagi membangun
kekurangan kami yang dalam masalah spare part.Setelah melakukan survey 65%
ucapan dari pengguna motor adalah pelayanan,tempat dan hasil yang memuaskan.Hal
tersebut akan kami perkuat dengan adanya Pelayanan mutu standart dealer resmi
yang diterapkan disini.Selain itu kami melakukan nilai Promosi yang berbeda
seperti:
6.
Alisa
Swot
a.
Trenght
Ade ramdani pendiri A’RAMA MOTORS
sudah Terkenal Di Yogyakarta para komunitas selain itu Ade berpengalaman
mengotak-atik kendaraan,dia memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan
service bengkel dan berpengalaman dalam otomotif
kendaraan berteknologi tinggi karena pernah sekolah Universitas Sarjanawiata
Tamansiswa selain itu pernah menduduki
jabatan Service Advisor yang dapat membaca management Bengkel.
Mengetahui seluk beluk
permintaan pasar yang ada di Yogyakarta, solo, gunung kidul dan sekitarnya. Sehingga dapat
mengajarkan atau Training tentang pelatihan Modifikasi Motor dan mampu memperhatikan
layanan service konsumen baik itu saat service maupun sesudah sehingga mempunyai
teknik promosi yang bersifat “mengejar
bola”
b.
Weakness
Tidak memiliki tempat sendiri.
c.
Oppoturnity
Para Pelajar yang suka
modifikasi walaupun mereka tidak memiliki banyak uang namun mereka dapat
dijadikan alat promosi yang baik.Pendekatan kepada mereka sangat dibutuhkan.
Teknik Promosi Kupon belum
pernah diterapkan dan hasil survey sangat diinginkan.
d.
Threat
Banyaknya Bengkel Motor
disegala daerah. Keterbatasan Modal Buat Spare Part. Tempat menentukan Kekuatan
kami.
e.
System Kerja Sama
System yang kami tawarkan dalam
kerja sama bengkel ini adalah system bagi hasil. Dalam system bagi hasil
diperlukan kejujuran satu sama lainnya karena itu diperlukan pembukuan yang
akurat dan system management yang handal. Bagi hasil disini adalah pembagian laba
bersih. Dengan keahlian kami maka kami akan memutarkan modal yang anda Berikan
dengan presentase pemilik modal 40% dan manajerial 60% dari laba bersih.
Ada beberapa contoh kasus
penanaman modal
1.
System Tunggal
Pemilik Modal memiliki
kemampuan untuk memenuhi syarat dari kebutuhan modal awal,maka dia utuh
mendapatkan Presentase sebesar 40% dari laba bersih.
2.
System Patungan
Ada beberapa pemilik modal yang
mengumpulkan modalnya sampai mendapatkan modal yang diinginkan.Contoh
dibutuhkan modal 40 juta ada beberapa pemilik modal si A 10jt,si B 5jt,si C 20
jt dan si D 5 jt.Maka didapatkan presentasinya adalah si A =25 %,si B=12.5%,si
C=50% dan si D=12,5% dari presentase keuntungan pemilik modal contoh per tahun
Laba bersih Rp.60.000.000/thn. Pemilik modal 40% dari Laba Bersih yaitu
Rp.24.000.000/thn, maka si A mendapatkan 25% dari 24jt yaitu
Rp.6.000.000/thn,si B 12.5%=Rp.3.000.000/thn,si C 50%=Rp.12.000.000/thn dan si
D 12.5%=Rp.3.000.000 /thn.
TOTAL keseluruhan
Rp.24.000.000/tahun.
f.
Ketentuan Lain
Didalam usaha ini memiliki aset
kurang lebih Rp.20.000.000 dari modal yang diperlukan dan aset ini sepenuhnya
milik pihak pemilik modal dan kami pun memperhitungkan biaya maintenance dari
aset yang dimiliki yaitu sekitar Rp.50.000/bulan.Biaya ini disebut Defisit atau
biaya penyusutan yang termasuk dalam biaya pengeluaran.Harga ini dapat berubah
sejalannya waktu dengan mempelajari komponen apalagi yang memerlukan biaya
defisit.
BAB III
PENUTUPAN
Demikianlah
proposal kami untuk membangun, memajukan dan membuka tempat kerja untuk
anak bangsa. Apabila anda berminat akan proposal ini,maka akan kita bicarakan
mengenai peluang kerja sama dalam bidang ini.Sebelumnya kami mengucapkan terima
kasih.
CURICULUM VITAE PENDIRI
BENGKEL GRT
JATI DIRI
NAMA :Ade ramdani
JENIS KELAMIN :Laki-laki
TEMPAT,TANGGAL LAHIR :Tasikmalaya 19
februari 1995
KEWARGANEGARAAN : Indonesia
STATUS : Belum Menikah
TINGGI,BERAT BADAN :160cm,51kg
KESEHATAN : Sehat
AGAMA :Islam
ALAMAT : Jln. Batikan tahunan umbulharjo Yogyakarta.
AGAMA :Islam
ALAMAT : Jln. Batikan tahunan umbulharjo Yogyakarta.
NOMER HANDPHONE :08562317258
NOMER RUMAH : 08562317258
E-MAIL : aderama1902@gmail.com
NOMER RUMAH : 08562317258
E-MAIL : aderama1902@gmail.com
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
2002-2007 :Sekolah
Dasar Cikadu Kec. Cikalong Kab. Tasikmaalaya
2007-2010 :Madrasah Tsanawiah Legok Jawa
Kec. Cimerak Kab. Ciamis
2010-2014 :Madrasah Aliyah Kejuruan Parigi Kec. Cimerak Kab. Ciamis
2014- :Universitas sarjanawiata
tamansiswa jurusan otomotif
KURSUS dan PELATIHAN
2014-2014 :Pelatihan ngelas dan Praktek di
bengkel mobil.
PENGALAMAN KERJA
Berkerja di bengkel las dan mobil sebagai
mekanik 2010-2014
Comments
Post a Comment
Tulis pesan anda