PROPOSAL PENDIRIAN USAHA BENGKEL MOTOR SERVICE & RACING

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BENGKEL MOTOR
SERVICE & RACING

Dosen pengampu :
Drs. Pairun Roniwijaya, Mpd.



Disusun :
Ade ramdani
2014006017



PROGRAM PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIATA TAMANSISWA
2015-2016

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Makin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat. Dilihat dari data.
pangandaran.
“Penjualan sepeda motor pada November 2015 tercatat mencapai 653.842 unit atau meningkat 19,7% dibanding periode yang sama tahun lalu. Data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, volume penjualan dipimpin dipimpin oleh merek-merek otomotif ternama seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.
Peningkatan penjualan sepeda motor pada November 2010 ini menunjukkan indikasi daya beli masyarakat Indonesia dan masyarakat di Asia Tenggara pada umumnya semakin membaik.
Hasil penjualan sepeda motor sepanjang tahun ini melampaui perkiraan PT Astra International, sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia yang sempat disebutkan Juni 2010 lalu.
Walaupun begitu, laju pertumbuhan penjualan motor pada semester kedua ini, tak sekencang pada semester pertama yang mencapai peningkatan 41% dibanding periode penjualan sepeda motor pada tahun sebelumnya”. Peraturan pemerintah yang tidak akan membatasi subsidi BBM terhadap kendaraan roda dua diperkirakan akan membuat pertumbuhan pembelian sepeda motor akan terus naik tahun depan
Sumber:http://industri.kontan.co.id/v2/read/industri/54624/Penjualan/motor-pada-November-2010-naik-197.
Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah pigir kota yang notabennya adalah pemukiman penduduk.


2.      Visi, Misi Dan Tujuan
Sebagai salah satu bengkel mobil yang menekankan segi kualitas dgn motto utama perusahaan,  Bengkel A’RAMA MOTORS berkomitmen untuk memberikan layanan & solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen itu tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel otomotif terbaik di Yogyakarta.

a.      Visi
Untuk menjadi bengkel mobil terbaik di Yogyakarta yang  mengutamakan  pada kepuasan pelanggan didukung dgn peralatan canggih dan tenaga ahli yang berkompeten dalam memberikan pelayanan jasa Bengkel  kepada  pelanggan, mitra  usaha, pegawai, pemegang saham dan masyarakat.
b.      Misi
1.      Membangun Bengkel yang sehat dan terpecaya dengan :
2.      Memberikan  jasa  bengkel  yang  unggul  berdasarkan  nilai - nilai kejujuran, keadilan dan kehati - hatian.
3.      Memberikan layanan mobil sehat yang cepat dan berkualitas.
4.      Memberikan    solusi    tepat  &  cepat   mulai  dari  saat  pelanggan  ingin memperbaiki mobil, proses menunggu s/d mobil selesai diperbaiki
5.      Memenuhi ketentuan dan peraturan yang terkait dengan bisnis Bengkel.
6.      Membangun hubungan saling menguntungkan dengan mitra bisnis.
7.      Menciptakan  interaksi  kerja  yang saling mendukung & lingkungan kerja yang kondusif.
8.      Menjamin kesejahteraan pegawai.
9.      Memastikan nilai premium bagi pemegang saham dgn pengelolaan modal dan Jasa Bengkel secara efisien dan menguntungkan.
10.  Meningkatkan hubungan komunitas melalui program tangung jawab sosial.
c.       Tujuan
Bengkel A’RAMA MOTORS didirikan dengan tujuan untuk melakukan usaha di bidang Jasa, yang mengedepankan dari mutu SDM itu sendiri.










d.      Kepengurusan
 


 























1.      Owner/ pemilik usaha : memberikan pendanaan dan mengontrol aktivitas manajemen
2.      Manajer                       : bertanggung jawab atas jalannya operasional
3.      Kepala mekanik          : penanggung jawab dan pengawas atas kinerja mekanik, asisten mekanik dan pegawai cuci
4.      Part                             : bertanggung jawab pada keluar masuk suku cadang di gudang
5.      Front desk                   : membuat laporan kerja dari pelanggan
6.      Marketing                     : bertanggung jawab memasarkan produk berupa jasa atau barang.
7.      Kasir                            : bertanggung jawab keada setiap transaksi penjualan
8.      Mekanik                       : Bertugas menangani perbaikan motor
9.      Asisten mekanik          : membantu tugas mekanik
10.  Pegawai cuci               : bertugas mencuci moto

e.       Identitas Bengkel.
Merk    : bengkel A’RAMA MOTORS
Nama   :CV. A’RAMA MOTORS
Alamat            : jl. Batikan no. 24 kel. Tahunan kec. Umbulharjo kota yogjakarta provinsi d.i Yogyakarta.
Berdiri : 30 november 2015
                d. Tenaga kerja
                        Berikut data-data tenaga kerja yang kami buat.
No
Nama
Jml
Jam Kerja
Job Deskription
1
Ade rama
1
Senin-minggu 07.30-14.30 kecuali jumat libur
Pemilik usaha /owner
2
Yen sui
1
Manager
3
Aziz a
1
Kepala mekanik
4

-Yen sang
-Ai shen
2
parts
5
Erik a
1
Front desk
6
Ika
1
Kasir
7
Rely,Afif,
2
Mekanik
8
Raka, Uci.
2
Asisten mekanik
9
Eliza
1
Pegawai cuci
10
Ervin, Juned
2
Marketing
Total
14 Orang
10 job deskription
BAB II
MARKETING
1.      Target Pasar
Banyak sekali segment pasar untuk bidang otomtif motor ini mulai dari
a.       Pelajar
Dari segment ini yang suka memodifikasi motor kami amat siap dikarenakan modal pengetahuan utama para mekanik kami adalah memodifikasi motor.
b. Pekerja Kantoran
Mereka kerja di tengah kota pada segment ini kondisi motor sangat diperhatikan sama mereka ntah mereka akan membuat lebih irit ada juga yang lebih mementingkan tenaga motornya.
c. Wirausaha dekat posisi bengkel
Segment ini hampir memiliki sifat yang sama dengan yang pekerja di tengah kota.
d. komunitas motor
Banyaknya kumpulan motor dapat dimanfaatkan dengan baik apabila memberi kesan yang baik kesalah satu anggota kelompok mereka,karena mereka memiliki sifat promosi dari mulut ke mulut dengan baik.
e.       Tukang Ojek
Dari setiap sudut jalan banyak sekali para penunggu customer dengan motornya dikarenakan mereka juga bekerja dengan mengandalkan kendaraannya dan dalam hal ini kami memberlakukan kebijaksanaan khusus bagi tukang ojek .
f. dealer jual beli motor bekas
Banyak sekali motor yang bekas mereka kumpulkan ada beberapa dari mereka yang memiliki mekanik sendiri ada pula yang belum nah yang belum kami akan memberlakukan kebijakan khusus sama seperti tukang ojek klo yang sudah pun kami akan menawarkan kerja sama yang menarik (hal ini akan dibahas pada bab promosi).


2.      Jenis Usaha
Seperti yang sudah ada jenis usaha ini yang berhubungan erat dengan otomotifdi bidang kendaraan bermotor roda dua.Seperti:
a.       Service rutin kendaraan bermotor roda dua.
b.      Service Besar kendaraan bermotor roda dua.
c.       Modifikasi mesin,body dan chassis.
d.      Painting
e.       Pengajaran (bisa termasuk dalam hal promosi)
f.       Spare part moving part dan Modifikasi
g.      Penitipan Barang dagangan seperti motor bekas.
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service harian,besar dan modifikasi. Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.
3.      Modal
Setelah saya estimasi maka kami memerlukan modal sebanyak
a.      Sewa Tempat Rp.15.000.000/ Tahun Ukuran 5x9m
b.      Keperluan Bengkel Rp.17.000.000
Mencakupi kebutuhan sebagai berikut:
Ø  Spare part (ASET) Rp.10.000.000
Banyak macam spare part,namun kammi akan menyeto spare part yang sering orang gunakan(fast moving part)seperti oli,busi,gear set,kabel gas,bohlam,kampas rem,kampas kopling dan lain-lain.Namun banyak kemudahan akan bisnis spare part sepert dari sales yang menitipkan.
Ø  Tools (ASET)
TOOLS
HARGA
1
gerinda duduk 6" merk NGL
405.000
2
kompresor angin bensin atau listrik minimal 1/2 PK merk multi pro 3/4 HP
775.000
3
mesin bor tangan merk bosch GBM 350
380.000
4
gerinda tangan merk bosch GMT 4''
360.000
5
air gun(penyemprot angin kompresor)
50.000
6
tyre gun(penyemprot angin ke ban)
100.000
7
selang angin kompresor 10 meter
100.000
8
spray gun(untuk mengecat menggunakan)
200.000
9
mata gerinda duduk halus
107.000
10
fueller/heller
28.000
11
gergaji besi/mata gergaji
35.000
12
obeng plus satu set(besar,sedang,kecil)
50.000
13
obeng minus satu set(besar,sedang,kecil)
50.000
14
obeng panjang plus dan minus
50.000
15
obeng getok satu set
150.000
16
meja kerja buat ssendiri
500.000
17
Kikir
20.000
18
obeng elektro plus dan minus
20.000
19
kunci ring pas ukuran(6 - 24 mm)
200.000
20
kunci shock dan mata shock
300.000
21
kunci L
50.000
22
kunci L bintang
65.000
23
kunci T shock(8,10,12,14,17,19 mm)
100.000
24
kunci inggris 10''
40.000
25
kunci busi motor bebek
20.000
26
kunci busi GL
20.000
27
kunci busi 2 tak
20.000
28
tang potong
20.000
29
tang kombinasi
25.000
30
tang snapring inner
32.500
31
tang snapring outter
32.500
32
tang buaya 10''
35.200
33
Palu
35.000
34
palu karet
30.000
35
oil can
10.000
36
ragum/tangem
300.000
37
Multitester
100.000
38
jangka sorong
200.000
39
soldier listrik
50.000
TOTAL HARGA
Rp.5.065.200
*Harga ini dapat bervariasi sesuai kepandaian kita dalam menawar dan mengerti akan kualitas alat.
Ø  Alat-alat administrasi Rp. 500.000
Buat buku besar,Nota bengkel,stempel,Kwitansi,kertas,bulpen,meja,bangku.
Ø  Promosi Rp. 500.000
Kupon,Neon Box,brosur,Banner
c.       Membangun Bengkel(Aset) Rp.5.000.000
Display Tempat Usaha dan Ruang Tunggu Ideal
                Total modal yang dibutuhkan : Rp.37.000.000

PERKIRAAN PENGELUARAN
a.       Listrik Rp. 200.000
b.      Karyawan Rp. 900.000
c.       Penyusutan Rp. 50.000
d.      Tempat Rp.1.250.000
e.       Keperluan Bengkel Rp. 300.000 seperti Oli Grease, Bensin, kain Lap, Amplas, caburator cleaner\
f.       Promosi Bengkel Rp. 200.000 seperti Brosur,Kupon dan Keperluan lainya
g.      Biaya dadakan atau iuran Rp.200.000
Total Rp. 3.100.000
PERKIRAAN PEMASUKAN
Dalam hal pemasukan selain kita mengandalkan service rutin,motor modifikasi,penjualan spare part kita pun berinovasi dengan mengadakan system EDUCATION dan mengembangkan inovasi lain sesuai kebutuhan pasar.
a.      JASA jmlh motor/hari income TOTAL/bulan
Service 2 Rp.25.000/motor Rp.1.500.000
Korekan racing 1 Rp.37.500/motor Rp.1.125.000
Total Rp.2.625.000
b.      SPARE PART
Moving part 10% dari modal Rp.5.000.000 Rp. 500.000
Racing 50% dari modal Rp.3.000.000 Rp.1.500.000
Total Rp.1.750.000

c.       EDUCATION
Teknik Promosi Media Pengajaran
HARGA TARGET ANAK TOTAL/BULAN
a.       STEP 1 Rp.10.000 5 Rp. 200.000
b.      Step 2 Rp.20.000 5 Rp. 400.000
c.       Step 3 Rp.30.000 5 Rp. 600.000
d.      Step 4 Rp.40.000 5 Rp. 800.000
e.       Step 5 Rp.50.000 5 Rp.1.000.000
TOTAL Rp.3.000.000
Perkiraan Dipotong Dana foto copy dan Izin Sekolah 33,4% Rp.1.000.000

PEMASUKAN DARI SYSTEM EDUCATION Rp.2.000.000

Pengeluaran
BULAN ke-1
BULAN ke-2
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
2
20.000
1.200.000
3
20.000
1.800.000
Korekan Motor Racing
1
30.000
900.000
1
30.000
900.000
Spare Part
modal Spare Part
Moving part
3%
5.000.000
150.000
Racing
1%
5.000.000
50.000
Dan Lain-Lain
Total
2.100.000
2.900.000
LABA BERSIH
-1.000.000
-200.000
Pengeluaran
BULAN ke-3
BULAN ke-4
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
3
20.000
1.800.000
4
25.000
3.000.000
Korekan Motor Racing
2
30.000
1.800.000
3
35.000
3.150.000
Spare Part
Moving part
4%
5.000.000
200.000
5%
5.000.000
250.000
Racing
2%
5.000.000
100.000
3%
5.000.000
150.000
Dan Lain-Lain
Education
1500.000
Total
3.900.000
8.050.000
LABA BERSIH
800.000
4.950.000

Pengeluaran
BULAN ke-5
BULAN ke-6
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
4
25.000
3.000.000
4
25.000
3.000.000
Korekan Motor Racing
3
35.000
3.150.000
3
35.000
3.150.000
Spare Part
Moving part
10%
5.000.000
500.000
10%
5.000.000
500.000
Racing
10%
5.000.000
500.000
20%
5.000.000
1.000.000
Dan Lain-Lain
Education
1.000.000
Education
1.000.000
Total
8.150.000
8.650.000
LABA BERSIH
5.050.000
5.550.000
Pengeluaran
BULAN ke-7
BULAN ke-8
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
5
25.000
3.750.000
5
25.000
3.750.000
Korekan Motor Racing
4
35.000
4.200.000
4
35.000
4.200.000
Spare Part
Moving part
10%
5.000.000
500.000
10%
5.000.000
500.000
Racing
40%
5.000.000
2.000.000
50%
5.000.000
2.500.000
Dan Lain-Lain
Education
1.500.000
Total
10.450.000
12.450.000
LABA BERSIH
7.350.000
9.350.000
Pengeluaran
BULAN ke-9
BULAN ke-10
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
4
25000
3.000.000
4
25.000
3.000.000
Korekan Motor Racing
4
35000
4.200.000
4
35.000
4.200.000
Spare Part
Moving part
10%
5000000
500.000
10%
5.000.000
500.000
Racing
50%
5000000
2.500.000
50%
5.000.000
2.500.000
Dan Lain-Lain
Education
1.000.000
Education
2.000.000
Total
11.200.000
12.200.000
LABA BERSIH
8.100.000
9.100.000
Pengeluaran
BULAN ke-11
BULAN ke-12
Gaji Karyawan
900.000
900.000
Sewa Tempat
1.250.000
1.250.000
Listrik
200.000
200.000
Penyusutan
50.000
50.000
Biaya Operasional
700.000
700.000
Total
3.100.000
3.100.000
Pemasukan
unit/hari
Harga Jasa
unit/hari
Harga Jasa
service Rutin
2
25.000
1.500.000
2
25.000
1.500.000
Korekan Motor Racing
3
35.000
3.150.000
3
35.000
3.150.000
Spare Part
Moving part
8%
5.000.000
400.000
10%
5.000.000
500.000
Racing
70%
5.000.000
3500.000
70%
5.000.000
3.500.000
Dan Lain-Lain
Education
Total
8.550.000
8.650.000
LABA BERSIH
5.450.000
5.550.000

TOTAL LABA BERSIH dalam 1 tahun Rp.60.050.000
Pembukuan ini adalah perkiraan kami yang sudah disurvey dilapangan. Diatas mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa ada pemasukan lain selain Jasa dan Spare Part yaitu pemasukan dari Education.Hal tersebut akan kita jelaskan pada Bab Promosi.
4.      Promosi
Dikarenakan kami memiliki kemampuan untuk memodifikasi motor maka kami akan mengejar salah satu target pasar target segment anak sekolah sebagai alat promosi bengkel maka diadakan teknik promosi EDUCATION,selain itu ada beberapa segment pasar umum seperti Jual-Beli motor bekas,para pekerja yang tinggal dipemukiman penduduk paling cocok diterapkan sistem KUPON.
a.      Teknik Education
Ilmu otomotif khususnya modifikasi racing amat sangat diminati oleh sebagian besar kawula muda.Dalam hal ini kita akan berbagi ilmu dengan mereka,meskipun diluar banyak Les yang mengajari ilmu Racing namun dapat dihitung oleh jari dan mahal. Kita akan membantu mereka untuk mempermudah pengetahuan informasi akan ilmu modifikasi dan terjangkau. Hal ini kita lakukan diluar jam kerja untuk mendapatkan target tersebut
Harga pelatihan
Ø  Session 1 Rp.10.000/anak
Ø  Session 2 Rp.20.000/anak
Ø  Session 3 Rp.30.000/anak
Ø  Session 4 Rp.40.000/anak
Ø  Session 5 Rp.50.000/anak
Tujuan dari teknik ini adalah menciptakan generasi muda yang mengembangkan hobbynya menjadi usaha dan dari pihak kita akan mendapatkan relasi untuk menyebarkan nama bengkel,penjualan tiket,dan kandidat mekanik baru.
b.      Teknik Kupon
Sering kita dengar bahwa ada teknik promosi dari mulut ke mulut. Kita akan mendekatkan seseorang yang dianggap memiliki potensi sebagai marketing seperti teman,komunitas motor,tukang ojek dan dealer motor bekas untuk kita kasih kupon. Kupon tersebut apabila disebar oleh mereka maka mereka mendapatkan komisi dari kita berdasarkan kupon yang balik kekita,karena pada tulisan kupon tersebut adalah “Service dapat kejutan dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan menyebarkan kupon tersebut.
5.      Keunggulan Kami
Banyak bengkel jalan yang menyediakan layanan jasanya akan perbaikan motor membuat persaingan semakin ketat,namun dibengkel kami layanan jasa yang sangat diutamakan,selagi membangun kekurangan kami yang dalam masalah spare part.Setelah melakukan survey 65% ucapan dari pengguna motor adalah pelayanan,tempat dan hasil yang memuaskan.Hal tersebut akan kami perkuat dengan adanya Pelayanan mutu standart dealer resmi yang diterapkan disini.Selain itu kami melakukan nilai Promosi yang berbeda seperti:
6.      Alisa Swot
a.      Trenght
Ade ramdani pendiri A’RAMA MOTORS sudah Terkenal Di Yogyakarta para komunitas selain itu Ade berpengalaman mengotak-atik kendaraan,dia memiliki basic dan hobby tentang modifikasi dan service bengkel dan berpengalaman dalam otomotif kendaraan berteknologi tinggi karena pernah sekolah Universitas Sarjanawiata Tamansiswa selain itu pernah menduduki jabatan Service Advisor yang dapat membaca management Bengkel.
Mengetahui seluk beluk permintaan pasar yang ada di Yogyakarta, solo, gunung kidul dan sekitarnya. Sehingga dapat mengajarkan atau Training tentang pelatihan Modifikasi Motor dan mampu memperhatikan layanan service konsumen baik itu saat service maupun sesudah sehingga mempunyai teknik promosi yang bersifat “mengejar bola”
b.      Weakness
Tidak memiliki tempat sendiri.
c.       Oppoturnity
Para Pelajar yang suka modifikasi walaupun mereka tidak memiliki banyak uang namun mereka dapat dijadikan alat promosi yang baik.Pendekatan kepada mereka sangat dibutuhkan.
Teknik Promosi Kupon belum pernah diterapkan dan hasil survey sangat diinginkan.
d.      Threat
Banyaknya Bengkel Motor disegala daerah. Keterbatasan Modal Buat Spare Part. Tempat menentukan Kekuatan kami.
e.       System Kerja Sama
System yang kami tawarkan dalam kerja sama bengkel ini adalah system bagi hasil. Dalam system bagi hasil diperlukan kejujuran satu sama lainnya karena itu diperlukan pembukuan yang akurat dan system management yang handal. Bagi hasil disini adalah pembagian laba bersih. Dengan keahlian kami maka kami akan memutarkan modal yang anda Berikan dengan presentase pemilik modal 40% dan manajerial 60% dari laba bersih.
Ada beberapa contoh kasus penanaman modal
1.      System Tunggal
Pemilik Modal memiliki kemampuan untuk memenuhi syarat dari kebutuhan modal awal,maka dia utuh mendapatkan Presentase sebesar 40% dari laba bersih.


2.      System Patungan
Ada beberapa pemilik modal yang mengumpulkan modalnya sampai mendapatkan modal yang diinginkan.Contoh dibutuhkan modal 40 juta ada beberapa pemilik modal si A 10jt,si B 5jt,si C 20 jt dan si D 5 jt.Maka didapatkan presentasinya adalah si A =25 %,si B=12.5%,si C=50% dan si D=12,5% dari presentase keuntungan pemilik modal contoh per tahun Laba bersih Rp.60.000.000/thn. Pemilik modal 40% dari Laba Bersih yaitu Rp.24.000.000/thn, maka si A mendapatkan 25% dari 24jt yaitu Rp.6.000.000/thn,si B 12.5%=Rp.3.000.000/thn,si C 50%=Rp.12.000.000/thn dan si D 12.5%=Rp.3.000.000 /thn.  
TOTAL keseluruhan Rp.24.000.000/tahun.
f.       Ketentuan Lain
Didalam usaha ini memiliki aset kurang lebih Rp.20.000.000 dari modal yang diperlukan dan aset ini sepenuhnya milik pihak pemilik modal dan kami pun memperhitungkan biaya maintenance dari aset yang dimiliki yaitu sekitar Rp.50.000/bulan.Biaya ini disebut Defisit atau biaya penyusutan yang termasuk dalam biaya pengeluaran.Harga ini dapat berubah sejalannya waktu dengan mempelajari komponen apalagi yang memerlukan biaya defisit.


















BAB III
PENUTUPAN
Demikianlah proposal kami untuk membangun, memajukan dan membuka tempat kerja untuk anak bangsa. Apabila anda berminat akan proposal ini,maka akan kita bicarakan mengenai peluang kerja sama dalam bidang ini.Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

CURICULUM VITAE PENDIRI
BENGKEL GRT
JATI DIRI
NAMA :Ade ramdani
JENIS KELAMIN :Laki-laki
TEMPAT,TANGGAL LAHIR :Tasikmalaya 19 februari 1995
KEWARGANEGARAAN : Indonesia
STATUS : Belum Menikah
TINGGI,BERAT BADAN :160cm,51kg
KESEHATAN : Sehat
AGAMA :Islam
ALAMAT :
Jln. Batikan tahunan umbulharjo Yogyakarta.
NOMER HANDPHONE :08562317258
NOMER RUMAH : 08562317258
E-MAIL :
aderama1902@gmail.com
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
2002-2007 :Sekolah Dasar Cikadu Kec. Cikalong Kab. Tasikmaalaya
2007-2010 :Madrasah Tsanawiah Legok Jawa Kec. Cimerak Kab. Ciamis
2010-2014 :Madrasah Aliyah Kejuruan  Parigi Kec. Cimerak Kab. Ciamis
2014- :Universitas sarjanawiata tamansiswa jurusan otomotif
KURSUS dan PELATIHAN
2014-2014 :Pelatihan ngelas dan Praktek di bengkel mobil.
PENGALAMAN KERJA

Berkerja di bengkel las dan mobil sebagai mekanik 2010-2014

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktek Pengecatan

SOAL UJIAN SEKOLAH SMK MARSUDI LUHUR 1 YOGYAKARTA